Cara Bermain Bulu Tangkis untuk pemula

Cara Bermain Bulu Tangkis untuk pemula

Cara Bermain Bulu Tangkis untuk pemula

Permainan bulu tangkis adalah olahraga yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, permainan ini menggunakan alat yang bernama Raket dan Shuttlecock. Bulu Tangkis biasanya dimainkan oleh 2 orang (untuk tunggal) dan 2 Pasangan (untuk ganda). Dalam pertandingan resmi Bulu tangkis terdapat 5 jenis pertandingan yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Lalu hal apa yang mesti diketahui oleh pemula untuk menjadi pemain handal? baiklah dibawah ini ada beberapa tips yang kami rangkumkan untuk anda bila ingin menjadi pemain handal.

1. Teknik dasar memegang raket
Teknik dasar memegang raket ini terdapat dua jenis cara yang dapat dilakukan yaitu teknik forehand dan backhand

cara memegang raket dengan teknik forehand
Gunakan tangan kanan atau tangan kiri anda untuk memegang raket, untuk posisi kepala raket pada teknik forehand adalah menyamping, peganglah raket seolah-oleh sedang melakukan jabat tangan.khusus jarak ibu jari dan jari telunjuk buatlah seperti huruf V, untuk sisa jari posisinya memegang raket.

cara memegang raket dengan teknik backhand
caranya kurang lebih sama persis seperti cara memegang raket teknik forehand, perbedaannya hanya terletak pada posisi ibu jari yang digeser mendekati jari telunjuk.

2. Teknik dasar pukulan forehand
Didalam permainan bulu tangkis yang paling sering kita lihat dan gunakan adalah teknik pukulan forehand. Gerakan forehand adalah gerakan yang mengayunkan badan dari belakang kearah depan raket dengan telapak tangan menghadap shuttlecock.

Cara Melakukan Teknik Dasar Pukulan Forehand

  • Pegang raket dengan teknik forehand.
  • Posisi kaki kiri berada di depan dan posisi kaki kanan berada di belakang.
  • Posisi badan miring ke arah kanan.
  • Pukul shuttlecocks sambil dengan menggerakan bahu ke depan.
  • Biarkan gerakan tangan terus ke bawah.
  • Apabila kamu ingin melakukan pukulan clear, pukulah shuttlecocks sekeras mungkin.

3. Teknik dasar Footwork
Faktor utama dari teknik ini adalah kelincahan posisi gerakan kaki dari kiri ke kanan, depan dan belakang hal ini yang harus dikuasai oleh setiap pemain bulu tangkis. Adapun tujuannya adalah supaya kita dapat menjangkau posisi shuttkecock yang dikirimkan oleh lawan kita dari area manapun dan bisa melakukan penyerang ke daerah lawan dengan pukulan yang mematikan.

4.Teknik dasar sikap dan posisi badan
Yang paling utama dari teknik ini adalah keseimbangan badan saat melakukan penyerang maupun bertahan. Caranya posisi badan harus bertumpu pada kedua kaki agar seimbang, kemudian ketika berdiri menggunakan ujung kaki dan posisi pinggang harus tetap tegak. Poisi kaki sedikit terbuka selebar bahu, bisa dalam posisi sejajar atau salah satu kaki berada didepannya. Untuk posisi lengan siku melebar kesamping badan sehingga tangan yang memegang raket dapat bebas bergerak dan posisi ketinggian raket harus melewati tinggi kepala kita.

5. Teknik dasar saat posisi memukul
Hal yang harus diperhatikan dalam teknik dasar memukul adalah posisi badan menyamping kearah net dan kaki kiri didepan kaki kanan serta posisi badan harus berada di belakang shuttlecock yang akan dipukul.

6. Teknik dasar melakukan service
Tips agar service tidak mudah diambil lawan adalah hindari memberikan service dengan posisi kok yang tanggung dan tepat berada didepan lawan. Dalam teknik service terdapat tiga macam teknik :
– Service Forehand Pendek
– Service Forehand tinggi
– Service backhand

7. Teknik dasar Overhead
Teknik ini menggunakan teknik memegang FOrehand, hal ini dilakukan karena kok berada jauh dibelakang posisi kita, gerakan ini sama seperti gerakan melempar.

8. Teknik dasar smash
Pukulan smash adalah pukulan tajam kebawah untuk mematikan gerakan pemain lawan. Teknik ini dilakukan sambil melompat tinggi dan menggunakan tenaga penuh.

9. Teknik Dasar Dropshot
Teknik ini melakukan teknik tipuan dalam permainan bulu tangkis, dimana teknik ini dilakukan hampir sama dengan teknik smash, bedanya disini anda melakukan tipuan saat akan melakuan teknik dropshot. Perbedaanya lainnya dengan smash adalah jika smash kita menggunakan tenaga penuh, maka pada drop kita hanya memberikan dorongan kepada kok dan menempatkannya ke posisi yang sulit dijankau lawan.

10. Teknik dasar Netting
Teknik ini merupakan pukulan yang tidak keras dan berada tipis didekat net, teknik ini membutuhkan tingkat sense yang tinggi dan teknik penempatan bola yang baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*